Peneliti China Menemukan Makanan Yang Bisa Bikin Umur Tambah Panjang

Peneliti China Menemukan Makanan Yang Bisa Bikin Umur Tambah Panjang

Sejumlah peneliti dari China telah menemukan bahwa kesejahteraan mental memainkan peran krusial dalam kesehatan manusia seiring bertambahnya usia. Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature Human Behavior, makan keju dan buah-buahan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kesejahteraan mental dan membantu tubuh menghadapi proses penuaan dengan lebih baik.

Studi yang dipimpin oleh Wei-Qing Wang dari Shanghai Jiao Tong University School of Medicine menganalisis data dari 800 ribu hingga 2,3 juta orang untuk mengeksplorasi hubungan antara kesejahteraan mental dan penuaan yang sehat. Meskipun penelitian ini tidak mempertimbangkan faktor kekayaan atau kemiskinan, hasilnya menunjukkan bahwa orang dengan kesehatan mental yang baik cenderung memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat, tingkat kesehatan yang lebih baik, dan umur yang lebih panjang, hal ini berkontribusi pada penuaan yang lebih sehat.

Penelitian ini juga mengungkap bahwa perilaku seperti kurang beraktivitas, merokok, dan terlalu banyak menonton TV berkaitan erat dengan kesehatan yang lebih buruk seiring bertambahnya usia. Di sisi lain, pola makan yang meliputi konsumsi keju dan buah-buahan terkait dengan kondisi kesehatan yang lebih baik.