Belajar dari Pria Viral yang Hidup dengan Rp3 Ribu

Belajar dari Pria Viral yang Hidup dengan Rp3 Ribu

Dengan Rp3 ribu, Peter Gunawan bisa melakukan banyak hal yang menakjubkan. Meskipun terdengar tidak mungkin, namun ia berhasil bertahan hidup dengan anggaran sehari hanya Rp3 ribu. Kisahnya pun menjadi viral di media sosial, memperlihatkan gaya hidup frugal yang dijalani oleh Peter.

Melalui akun TikTok @pinkerton87, Peter membagikan pengalamannya menjalani hidup di Solo, Jawa Tengah dengan gaya hidup hemat alias frugal living. Ia hanya mengeluarkan Rp3 ribu untuk kebutuhan sehari-hari, seperti jajan dan susu. Peter juga sering bersepeda dari rumah ke kantor yang jaraknya 15 km, sebagai alternatif yang lebih murah daripada menggunakan mobil yang bisa menghabiskan Rp200 ribu.

Penghematan Peter juga didukung oleh fasilitas kantor, seperti kupon makan untuk karyawan. Teman-temannya juga sering memberikan camilan, sehingga ia tidak perlu banyak mengeluarkan uang untuk jajan. Meski berhemat, Peter tidak menyabotase dirinya sendiri. Awalnya, ia mulai menerapkan gaya hidup frugal karena harus menurunkan berat badan. Namun, hal ini juga membantu Peter mengurangi pengeluarannya secara tidak langsung.