Serunya H-1 Idul Adha 2024: Persiapan dan Antusiasme Masyarakat!

Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat masih ramai pada pagi Minggu (16/6/2024), sehari sebelum Idul Adha 1445 Hijriah yang akan dirayakan oleh umat Muslim Indonesia pada Senin 17 Juni besok.

Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat masih ramai pada pagi Minggu (16/6/2024), sehari sebelum Idul Adha 1445 Hijriah yang akan dirayakan oleh umat Muslim Indonesia pada Senin 17 Juni besok. Menurut pantauan MNC Portal Indonesia sekitar pukul 08.30 WIB, kawasan Car Free Day (CFD) dipadati oleh ratusan orang yang datang untuk berolahraga, bersantai, atau sekadar jalan-jalan menikmati suasana akhir pekan di tengah gedung-gedung pencakar langit Ibukota.

Meskipun jalanan terlihat basah karena hujan, masyarakat tetap antusias berolahraga di lokasi tersebut. Mayoritas dari mereka memilih untuk berlari atau jogging, sementara sebagian membawa sepeda untuk berolahraga di area tersebut. Warga yang datang juga memanfaatkan landmark monumen selamat datang sebagai latar belakang foto, serta kuda yang dipamerkan oleh petugas kepolisian menjadi spot foto favorit bagi masyarakat.

CFD di Jalan Sudirman-MH Thamrin dimulai dari pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB. Chika, seorang warga Jakarta Barat, mengaku rutin mengunjungi arena CFD di Jalan Sudirman-MH Thamrin setiap akhir pekan. Awalnya, Chika merasa FOMO karena belum pernah berolahraga di Bundaran HI, namun fasilitas yang nyaman dan bersih membuatnya menjadi rutin berolahraga di sana.

“Awalnya mungkin karena FOMO, tapi lama-lama jadi kebiasaan aja,” ujar Chika setelah berolahraga. Untuk menuju ke CFD Bundaran HI, Chika dan temannya menggunakan KRL Commuter Line. Namun, jika harus berolahraga di CFD Jakarta Barat, mereka kesulitan mendapatkan transportasi umum.