Sindiran Pedas Google untuk Apple Saat Meluncurkan Smartphone Pixel 9

Sindiran Pedas Google untuk Apple Saat Meluncurkan Smartphone Pixel 9

Google mengadakan acara peluncuran yang bertema Made by Google. Dalam acara tersebut, Google merilis smartphone terbaru dari keluarga Pixel 9 Series pada Selasa (13/8/2024) siang waktu setempat Amerika Serikat (AS) atau Rabu (14/8/2024) dini hari WIB. Saat memperkenalkan ponsel baru dan teknologi kecerdasan buatan (AI), Google memberikan sindiran kepada Apple, salah satu pesaingnya yang baru saja memasuki dunia AI. Ada lima sindiran yang diungkapkan Google kepada Apple dalam acara peluncuran Pixel 9 Series. Sindiran-sindiran ini ada yang tersirat dan ada yang tersurat. Apa saja sindiran tersebut?

Gemini mendukung banyak bahasa Presiden Ekosistem Android Google, Sameer Samat, mengumumkan bahwa asisten digital AI mereka, Gemini, kini mendukung sekitar 45 bahasa di lebih dari 200 wilayah dan negara. Hal ini bisa dianggap sebagai “tamparan” bagi Apple. Pasalnya, fitur AI serupa milik Apple, yang disebut Apple Intelligence, baru akan tersedia di AS menjelang akhir tahun ini dan hanya mendukung bahasa Inggris. “Gemini sudah tersedia di seluruh dunia dan mendukung berbagai bahasa selain bahasa Inggris. Teknologi ini juga telah hadir di banyak negara di seluruh dunia (tidak hanya di AS),” ujar Samat.

Gemini tidak berbagi data dengan pihak ketiga Masih tentang Gemini, Samat juga menyatakan bahwa Gemini terintegrasi dengan baik di ponsel Android tanpa bergantung pada pihak ketiga. Hal ini berbeda dengan Apple yang bekerja sama dengan OpenAI untuk mengintegrasikan chatbot ChatGPT ke asisten digital Siri. “Gemini dapat merespons dan menjawab pertanyaan pengguna dengan sistem dan cloud yang dikelola oleh Google. Kami tidak perlu bergantung pada pihak ketiga, sehingga sistem AI kami tetap aman dan terpercaya,” jelas Samat.