AFC Merespon Permintaan BFA yang Tolak Bertanding di GBK Jakarta

AFC Merespon Permintaan BFA yang Tolak Bertanding di GBK Jakarta

AFC baru saja merespons permintaan dari Asosiasi Sepak Bola Bahrain (BFA) yang minta agar pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia antara Bahrain dan Timnas Indonesia nggak digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Mereka pengen laga itu dipindah ke lokasi yang lebih netral.

Dalam pernyataannya, AFC bilang bakal ngobrol dengan FIFA, BFA, dan PSSI mengenai keamanan pertandingan yang dijadwalkan pada Maret 2025. Mereka bertekad untuk memastikan semua pihak merasa aman saat pertandingan.

“AFC bakal diskusi lebih lanjut dengan FIFA, BFA, dan PSSI demi menciptakan lingkungan yang aman untuk semua yang terlibat,” tulis AFC, seperti yang dikutip pada Jumat (18/10/2024).

AFC juga menyadari kekhawatiran Bahrain soal keselamatan timnya di GBK. Mereka mengecam tindakan suporter Indonesia yang mengancam pemain Bahrain. “AFC serius menanggapi kekhawatiran ini dan berkomitmen untuk menjaga keselamatan semua pemain, ofisial, dan penggemar, sambil mengutuk segala bentuk pelecehan dan ancaman daring,” tegas mereka.

Menanggapi hal ini, Menpora RI, Dito Ariotedjo, meyakinkan bahwa laga itu bakal aman. Dia menyebut Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sudah menjamin keamanan untuk semua yang terlibat. “Oh, pasti (jaminan keamanan untuk Bahrain). Itu bisa-bisaan Bahrain saja. Pak Ketua PSSI juga bilang, keamanan di Indonesia terjamin,” kata Dito, seperti dilansir CNN Indonesia.