580 Anggota DPR 2024-2029 Resmi Dilantik Hari Ini

580 Anggota DPR 2024-2029 Resmi Dilantik Hari Ini

Hari ini, 580 anggota DPR terpilih untuk periode 2024-2029 telah resmi dilantik. Mayoritas dari mereka adalah wajah lama yang akan melaksanakan tugas-tugas legislasi, pengawasan, dan budgeting. Pelantikan tersebut berlangsung di ruang sidang paripurna kompleks parlemen Senayan, Jakarta, pada hari Selasa (1/10/2024). Acara tersebut turut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), presiden terpilih Prabowo Subianto, serta jajaran menteri kabinet.

Saat acara pelantikan, Sekjen DPR, Indra Iskandar, membacakan keputusan presiden tentang peresmian keanggotaan DPR periode 2024-2029. Kemudian, 580 wakil rakyat tersebut mengucapkan sumpah/janji sebagai anggota DPR yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA), Muhammad Syarifuddin. Berikut adalah sumpah/janji anggota DPR masa bakti 2024-2029:

“Saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945. Saya akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

Setelah itu, anggota DPR menandatangani berita acara sumpah/janji, yang dilakukan secara simbolis oleh lima anggota Dewan. Pimpinan DPR periode sebelumnya juga menyerahkan memori DPR kepada pimpinan sementara DPR, serta melakukan penandatanganan berita acara serah-terima.